Tips Mencegah Kanker Rahim Secara Sederhana

Rahim merupakan organ reproduksi yang hanya dimiliki oleh wanita dan ini menjadi organ yan sangat penting maka harus dijaga serta dirawat dengan baik dan benar agar tidak mengalami gangguan atau masalah apapun. Karena rahim juga menjadi tempat bayi yang dikandung oleh wanita dan menjadi tempat proses menstruasi yang melibatkan rahim. Tepatnya, organ rahim berada di bawah perut bagian bawah yang terselubuh oleh vagina. Tips Mencegah Kanker Rahim Secara Sederhana.

Salah satu gangguan yang bisa menyerang bagian organ reproduksi wanita ini merupakan kanker rahim.

Penyakit kanker rahim adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak wanita didunia, ini karena di samping bisa menghambat kesuburan juga terancam tidak bisa mengandung padahal mengandung adalah satu anugrah yang sangat istimewa dan hanya bisa terjadi pada kaum wanita saja.

tips-mencegah-kanker-rahim-secara-sederhana

Kanker rahim bukan penyakit yang mudah untuk diobati, kanker rahim mempunyai sel kanker di dalamnya bisa merusak dan menurunkan fungsi dari rahim itu sendiri. Kanker rahim bisa menyebabkan bagian dinding rahim ditumbuhi oleh sel – sel tidak normal sehingga kondisi ini dikenal dengan endometrium. Salah satu penyakit kanker yang lebih sering dialami.

Meskipun dalam banyak kasus penyakit kanker rahim lebih sering dialami oleh wanita, tapi penyakit ini lebih banyak menyerang wanita usia di atas 40 tahun dan penyakit yang kanker bisa disebabkan juga karena faktor menopause. Dimana wanita tidak akan mengalami lagi masa menstruasi oleh karena itu menopause akan dialami oleh wanita yang sudah berusia 40 tahun dan apabila terlambat bisa memicu tumbuhnya sel kanker di rahim.

Wanita yang sedang menjalankan terapi hormon dalam jangka waktu yang cukup lama juga bisa terkena penyakit kanker rahim, baik terapi hormon estrogen. Penggunaan obat – obatan juga dapat mengakibatkan kanker rahim yang dialami karena penggunaan obat tamoksifen dalam jangka waktu yang lama juga bisa mengakibatkan penyakit kanker rahim.

Penyakit kanker rahim berpotensi lebih besar pada wanita yang sudah berusia di atas 40 tahun dan wanita yang belum pernah mengandung. Krena hormon yang ada di dalam tubuh wanita yang sudah pernah hamil dan belum itu berbeda, juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya kanker rahim.

Tips Mencegah Kanker Rahim Secara Sederhana

Gaya hidup yang kurang sehat bisa mengakibatkan wanita terkena penyakit kanker rahim atau kanker serviks, sel kanker bisa tumbuh dan berkembang di bagian tubuh mana saja pada bagian rahim.

Jarang melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, makan tidak teratur dan kurang sehat serta menjaga stress dengan baik bisa menjadi penyebab kanker rahim dan penyakit kanker jenis lainnya. Serta penyakit jenis lain seperti diabetes, penyakit gula dan beresiko untuk menyebabkan penyakit ginjal saja tapi bukan berarti penyakit kanker rahim juga tidak bisa terjadi.

Cara mendeteksi kanker rahim atau kanker serviks sejak dini

Bahaya penggunaan pil kb dapat menyebabkan rahim kering

Bahaya radang panggul dan cara mencegahnya

Penyakit berbahaya yang satu ini sudah banyak merenggut paksa nyawa para pasiennya, terlebih gejala kanker rahim yang sulit untuk ditemukan sejak dini menjadi faktor penyakit ini akan lebih sulit untuk diobati. Gejala apabila kondisi kanker rahim sudah mulai memasuki stadium lanjut seperti pendarahan rahim, keluar dara dari vagina bahkan buka pada siklus menstruasinya.

Tanda penyakit kanker rahim yang lainnya yaitu ditemukan benjolan di bagian perut bawah dan banyak berat badan yang menurun, apabila ciri – ciri seperti itu sudah mulai terlihat sebaiknya segera periksakan kesehatan agar tidak semakin parah dan lebih mudah untuk disembuhkan. Selain itu pula alangkah baiknya jika Anda baik pria atau wanita melakukan pencegahan merupakan jalan utama agar terbebas dari kanker rahim. Berikut tips mencegah kanker rahim :

  • Menggunakan Pil KB

Pil kb merupakan salah satu alat untuk mempengaruhi hormon dan sangat berkaitan dengan penyakit kanker rahim serta dapat mencegah kanker rahim dengan cara alat kb jenis pil karena mengandung hormon progestogen.

  • Berolahraga

Kunci lainnya untuk terhindar dari penyakit mematikan yang satu ini adalah dengan hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahraga secara rutin dan teratur.

  • Menjaga Berat Badan

Wanita dengan berat badan lebih besar justru lebih berpotensi untuk terkena penyakit kanker rahim karena lemak yang berada di dalam tubuh tidak baik bagi kesehatan bisa memicu adanya sel kanker.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Pada zaman sekarang ini orang – orang lebih menyukai hal yang praktis dan mudah begitu juga dengan makanan mereka, lebih memilih makanan yang enak dan cepat. Taukah Anda mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu sering bisa merugikan tubuh Anda, jadi mulai dari sekarang makanlah dengan makanan yang sehat dan dimasak dengan cara yang sehat juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *