8 Ciri dan Tanda Penyakit Kanker Rahim Menyerang Wanita

Infeksi Rahim | Kanker rahim atau dikenal dengan sebutan kanker serviks merupakan jenis kanker yang menyerang bagian reproduksi wanita dan berasal dari virus HPV onkogenik serta kanker ini menyerang pada bagian leher rahim. Dalam banyak kasus penderita kanker rahim memang jarang merasakan adanya gejala yang disebabkan karena jenis kanker ini tapi muncul setelah kanker memasuki stadium lanjut. 8 Ciri dan Tanda Penyakit Kanker Rahim Menyerang Wanita.

Kanker rahim bisa menyebabkan wanita untuk sulit hamil dan merasakan sakit ketikan melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Untuk pencegahan kanker rhaim sebaiknya melakukan pemeriksaan secara dini menjadi satu kunci utama untuk menetralisir dan melakukan pemeriksaan pada panggul serta pap smear secara rutin juga bisa melihat ada atau tidaknya gejala kanker rahim.

8 Ciri dan Tanda Penyakit Kanker Rahim Menyerang Wanita

8-ciri-dan-tanda-penyakit-kanker-rahim-menyerang-wanita

  • Pendarahan

Ada berbagai jenis kasus pendarahan yang bisa menyerang wanita, pendarahan yang disebabkan menstruasi termasuk ke dalam pendarahan normal sedangkan pendarahan yang terjadi di luar masa menstruasi dan setelah masa menopause termasuk ke dalam jenis pendarahan rahim yang tidak normal. Sedangkan pendarahan yang diakibatkan karena kanker rahim, biasanya disertai dengan adanya cairan encer serta semakin memberatkan dari waktu ke waktu.

  • Keputihan Abnormal

Sedikit kasus waita yang mengidap keputihan dan divonis kanker rahim, tapi tanda kanke rahim jika dilihat dari keputihan adalah wanita yang mengalami keputihan dan disertai dengan bau tidak sedap.

  • Nyeri di Panggul

Rasa nyeri dipanggul yang diakibatkan oleh kanker rahim terjadi di bagian bawah perut dan tulang pinggul. Ini terjadi jika kanker sudah menyebar ke area tubuh bagian ini dan nyeri yang dirasakan bisa terjadi dengan disertai pembesaran ginjal dan sulit berkemih.

  • Berat Badan Menurun

Sebanyak hampir 40% penderita kanker akan mengalami penurun berat badan secara drastis meskipun mereka tidak melakukan program diet. Faktor penyebab turunnya berat badan bisa dikarenakan kekebalan tubuh berkurang, tubuh menjadi lemah, kehilangan energi, ketidakmampuan dalam melakukan tugas sehari-hari.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab kanker rahim yang paing umum yaitu hormon estrogen serta hormon progesteron tidak seimbang di dalam tubuh yang dikarenakan lapisan di dinding rahim sedikit lebih tebal dari biasanya. Kedua hormon ini bertugas untuk mempertahankan siklus menstruasi yang normal dan kehamilan jadi jika kedua hormon ini tidak seikbang maka bisa terjadi penumpukan di lapisan dinding rahim terlebih jika berangsur dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan sel kanker tumbuh dalam tubuh.

Nah itulah artikel mengenai 8 ciri dan tanda penyakit kanker rahim menyerang wanita yang harus Anda ketahui karena kanker rahim bukan penyakit yang bisa disepelekan jadi pengobatan yang dilakukan juga harus tepat. Baca : Obat Kanker Rahim.

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *