Pil KB Hormonal Beresiko Sebabkan Miom Membesar

Miom merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang terjadi hanya pada wanita, miom bisa tumbuh akibat dari pengaruh hormon. Maka dari itu penderita miom harus rutin mengkonsumsi obat baik obat herbal miom atau obat yang disarankan oleh dokter di samping itu mereka juga harus menjaga gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur untuk mengurangi resiko tumbuhnya miom. Salah satunya wanita yang mengidap miom tidak bisa memilih jenis KB yang mereka inginkan, berikut artikel lengkapnya Pil KB Hormonal Beresiko Sebabkan Miom Membesar.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh spesialis kebidanan dan kandungan dr Kathleen Juanita Gunawan SpOG, setiap wanita yang mengalami miom alangkah baiknya untuk memilih alat kontrasepsi non hormonal. Kontrasepsi atau KB ini dijamin aman dan tidak akan menyebabkan miom bertambah besar.

Pil KB Hormonal Beresiko Sebabkan Miom Membesar

“Karena hormon merupakan nutrisi bagi miom, jadi kalau pakai KB hormonal jelas miom akan menjadi subur” Ujarnya ketika ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk beberapa waktu lalu.

Baca :
» Obat Pendarahan Rahim
» Obat Kanker Rahim
» Obat Kutil Kelamin

Kemudian, beliau juga menambahkan bisakah penderita miom menggunakan KB jenis IUD ? Rupanya tidak semua wanita yang mengidap penyakit miom bisa menggunakan jenis KB tersebut.

“Tidak semua wanita yang menderita sakit miom atau mioma boleh memasang IUD, itu tergantung posisi serta banyaknya miom. Jika banyak, dikhawatirkan bisa memperparah kondisi menstruasi atau haidnya,” Terang beliau.

Oleh karena itu sebelum Anda memasang kontrasepsi, Anda harus mempertimbangkan efek samping yang bisa terjadi pada tubuh Anda. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter supaya tepat sasaran.

Taukah Anda kalau wanita yang mengkonsumsi pil kontrasepsi lebih rentan terkena depresi baik pada wanita yang mengidap miom atau wanita sehat. Seperti yang dikutip dari zeenews, selasa (04/10/2016) hal tersebut masih dikatakan sebuah penelitian baru dan menurut studi tersebut wanita tergantung dari metode seperti kontrasepsi memiliki kesempatan yangbesar menjadi antidepresi daripada wanita lainnya.

Baca :
» Khasiat Daun Sambiloto Mampu Hilangkan Miom Secara Alami
» Tips Membedakan Kista dengan Miom
» Cara Alternatif Mengobati Miom Tanpa Operasi

Meskipun ada banyak manfaat dari mengkonsumsi pil KB yaitu untuk membentuk kontrol kelahiran seperti memilih periode yang lebih ringan, mengontrol jerawat, kurang kram serta perlindungan dan tentu saja dari kehamilan yang tidak diinginkan menjadi sebua studi baru telah mengindetifikasi faktor resiko yang cukup besar bagi perempuan yang drepresi.

Sebagian orang juga mengetahui kalau KB hormonal tidak dianjurkan untuk penderita miom dan baik dari pil KB hormonal atau pil KB membawa beberapa resiko tapi untuk hubungan antara pil KB dengan depresi belum bisa dipahami.

Para ilmuwan sudah berpikir untuk sementara waktu bahwa hormon progesteron yang ada di dalam kelahiran berbentuk progestin bisa memainkan beberapa jenis peran dan mengakibatkan depresi. Bahkan pada penelitian sebelumnya menunjukan ada kaitan diantara keduanya namun informasi tersebut hanya berhenti disitu.

Tujuan dari studi ini yaitu untuk menentukan mana jenis kontrol kelahiran yang mebawa resiko tertinggi dan seberapa besar resiko yang sebenarnya. Wanita yang lebih muda antara 1,8 dan 2,2 kali lebih mungkin untuk membutuhkan antidepresi dan mereka yang menggunakan kontrasepsi hormonal dan non oral 3 kali lebih beresiko.

Jadi bagi Anda baik wanita yang sedang mengalami sakit miom atau Anda wanita sehat yang tidak terkena penyakit miom dan ingin melakukan KB, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau bidan agar dimasa ke depannya tidak membahayakan kondisi tubuh Anda.

Posted By: Obat Infeksi Rahim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *