Penyebab Radang Panggul Pada Wanita Paling Umum

Obat Infeksi Rahim -, Radang panggul atau dikenal dengan Salpingitis, PID, Pelvic Inflammantory Disease merupakan peradangan pada tuba falopii saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Peradangan tuba falopi terutama terjadi pada wanita yang secara seksual aktif dan resiko yang paling utama ditemukan [ada wanita yang menggunakan IUD.

Pada umumnya peradangan menyerang kedua bagian tuba, infeksi bisa menyebar ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis.

Penyebab Radang Panggul Pada Wanita Paling Umum

Penyebab Radang Panggul

Biasanya peradangan disebabkan akibat infeksi bakteri dimana bakteri masuk melalui vagina dan bergerak ke rahim lalu ke tuba falopii. Sebanyak 90-95% kasus PID disebabkan oleh bakteri yang juga menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, mikoplasma, stafilokokus dan streptokokus.

Meskipun infeksi ini jarang terjadi sebelum siklus menstruasi pertama, tapi setelah menopause maupun selama kehamilan. Penularan yang paling utama terjadi pada hubungan seksual, tapi tidak dipungkiri bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh setelah prosedur kebidanan atau kandungan seperti pemasangan IUD, keguguran, persalinan, aborsi dan biopsi endrometrium.

Penyebab Radang Panggul Lainnya

  • Infeksi bakteri (Aktinomikosis)
  • Infeksi parasit (Skistosomiais)
  • Tuberkulosis
  • Penyuntikan zat warna pada pemeriksaan rontgen khusus

Pengobatan Radang Panggul

PID tanpa adanya komplikasi bisa diobati dengan antibiotik dan penderita tidak perlu dirawat Jika terjadi komplikasi atau penyebaran infeksi maka penderita harus dirawat di rumah sakit. Anti biotik diberikan secara intravena (pembuluh darah) lalu diberikan per-oral melalui mulut.

Apabila tidak ada respon pada pemberian antibiotik, mungkin harus dilakukan pembedahan. Pasangan seksual penderita sebaiknya juga menjalani pengobatan secara bersamaan dan selama melakukan pengobatan jika melakukan hubungan seksual maka sebaiknya pasangan menggunakan kondom.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *