Penyebab Nyeri Saat Sedang Haid

Penyebab Nyeri Saat Sedang Haid

Banyak wanita yang mengeluh ketika masa menstruasinya merasa terganggu karena nyeri, perlu Anda ketahui wanita yang tinggal di kota rentan merasakan sakit saat masa menstruasi dibandingkan dengan wanita yang tinggal di pedesaan.

Screenshot_2

Penyebab Nyeri Ketika Haid

Ada beberapa faktor yang mendorong datangnya nyeri haid, normal pada umumnya wanita merasakan sakit saat haid. Namun jika rasa sakit itu dirasa berlebihan hingga menyulitkan aktivitas sehari -hari sebaiknya Anda harus berhati – hati bisa jadi ini bukan menstruasi yang normal. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan nyeri haid:

1. Infeksi pada organ reproduksi wanita yang disebut PID atau Pelvic Inflammatory Disease umumnya terjadi karena penyakit kelamin menular yang tidak langsung diatasi. Gejala dari PID ini tidak bisa terlihat dan membahayakan wanita yang akibatnya akan kesulitan hamil.

2. Jenis tumor jinak yang berada di uterus atau disebut juga Fibroid yang biasanya banyak wanita yang mengalaminya. Wanita usia 30 tahun ke atas sekitar 30% mengalami fibroid, namun sampai saat ini penyebab fibroid belum diketahui. Tanda – tandanya ialah pendarahan yang cukup banyak di rahim, namun apabila tumor berada di dekat area lapisan dinding rahim maka akan menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut.

Memang fibroid tidak terlalu membahayakan tapi beberapa fakta mengungkap kalau tumor jinak ini dapat menyebabkan keguguran dan memengaruhi kesuburan. Apabila Anda mengalami darah menstruasi yang keluar lebih banyak dari biasanya sebaiknya konsultasikan ke dokter.

3. Endometriosis, penyebab utama timbulnya rasa nyeri saat haid. Umunya ini terjadi karena endometrium yaitu jaringan yang berada di sepanjang garis rahim atau uterus tumbuh keluar rahim. Gejala yang biasa ditimbulkan adalah rasa sakit yang hebat, maka apabila Anda mengalami rasa sakit yang instens setiap kali haid sebaiknya lakukan pengobatan.

4. Kram , sebagian besar wanita mengalami kram pada bagian perut ketika menstruasi dan umumnya muncul satu hari sebelum hari pertama haid. Biasanya kram perut berlangsung selama 3 hari, ini terjadi karena konstraksi terhadap rahim. Apabila konstraksi itu terlalu instens dapat berpeluang mendorongnya pembuluh darah akibat suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan menimbulkan nyeri kram yang mengganggu.

Untuk wanita muda yang baru datang bulan atau menstruasi akan lebih sensitif merasakan kram perut, karena rahim mereka kecil berbeda dengan wanita yang sudah dewasa yang pernah hamil sebelumnya.

Terima kasih sudah berkunjung semoga artikel tentang ‘Nyeri Saat Sedang Haid’ akan sangat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda.

Baca : Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Aborsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *