Faktor Resiko Penyebab Kanker Rahim

Bagi sebagian besar orang, pengobatan untuk penyakit kanker rahim membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka dari itu melakukan pencegahan primer dan menghindari faktor resiko yang bisa menyebabkan penyakit kanker rahim merupakan cara pencegahan yang paling mungkin untuk dilakukan.

Diantara semua penyakit kanker, kanker rahim merupakan jenis yang paling banyak diderita dan menimbulkan kematian. Jadi apa saja penyebab kanker rahim berikut informasi selengkapnya mengenai Faktor Resiko Penyebab Kanker Rahim.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Rahim

faktor-resiko-penyebab-kanker-rahim

  • Penyakit Seksual

Bagi sejumlah pasangan yang sudah menikah melakukan hubungan suami istri sah-sah saja namun bagi mereka yang belum terikat pernikahan dan terlebih melakukan hubungan seksual di bawah usia 18 tahun  bisa memicu adanya virus papilloma menyerang tubuh Anda. Faktor resiko lainnya yang masih berkaitan dengan reproduksi yaitu berganti – ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim. Berhubungan seksual pada usia kehamilan di bawah 20 tahun, jumlah kehamilan lebih dari 5 juga bisa memicu terjadinya kanker serviks atau leher rahim.

  • Minoritas

Di beberapa negara tertentu penduduknya memiliki kasus kanker rahim lebih tinggi yaitu USA, Ras Negro, Hispanik dan wanita Asia dibandingkan dengan wanita yang berkulit putih. Perbedaan ini bisa mencerminkan pengaruh dari sosioekonomi.

  • Perokok Aktif dan Pasif

Data yang mendukung rokok menjadi salah satu penyakit kanker rahim serta adanya hubungan antara kanker sel skuamosa pada serviks. Cara kerjanya bisa secara langsung melalui aktifitas mutasi mukus rahim atau cairan pada permukaan mulut rahim dan pereokok atau efek dari imunopresif untuk mengurang kekebalan tubuh yang timbul akibat dari kebiasaan merokok.

Bahan tembakau yang digunakan dalam pembuatan rokok mengandung bahan – bahan yang bisa mengakibatkan penyakit kanker baik rokok hisap atau jenis rokok sigaret yang dikunyah. Asap dari rokok mengandung polycyclic aromatic hydrocarbons heterocyclic amine yang sangat karsinogen dan mutagen (penyebab mutasi).

  • Diet Rendah Karotenoid

Mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan berkhasiat mencegah kanker. Dari beberapa penelitian ternyata defisiensi terhadap asam folat vitamin C,E beta karotin atau retinol juga berhubungan dengan peningkatan resiko kanker rahim.

Faktor resiko penyebab kanker rahim yang lainnya seperti usia menstruasi pertama kali dan menopause tidak terbukti menjadi penyebab kanker rahim. Justru kehamilan yang terjadi di bawah usia 20 tahun dengan jumlah kehamilan 5 kali lebih tinggi terkena penyakit kanker rahim dan persalinan yang kurang tepat.

Setelah mengetahui apa saja yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit kanker serviks atau kanker rahim sebaiknya baca juga artikel kami yaitu Tips mencegah kanker rahim dan Obat kanker rahim bagi Anda yang sudah menderita penyakit ini.

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *