Penyebab dan Gejala Polip Rahim Pada Wanita

Penyebab dan Gejala Polip Rahim Pada Wanita – Polip tidak hanya tumbuh pada bagian hidung saja tapi juga bagian organ lainnya yaitu rahim. Polip rahim merupakan pertumbuhan tumor atau polip yang terjadi di endometrium, lapisan tempat melekatnya embrio pada kehamilan atau lapisan dalam rahim.

Polip rahim terjadi karena pertumbuhan jaringan endometrium yang berlebihan, bentuk polip bisa berbentuk bulat, oval dan beragam ukuran dari beberapa milimeter seperti biji wijen. Polip rahim termasuk ke dalam jenis tumor jinak tapi tidak termasuk ke dalam kategori kanker, polip rahim bisa mengganggu siklus menstruasi atau haid dan kesuburan atau kemampuan untuk memiliki anak.

Penyebab dan Gejala Polip Rahim Pada Wanita

Penyebab dan Gejala Polip Rahim Pada Wanita

Penyebab Polip Rahim Pada Wanita

Untuk penyebab pasti terjadinya polip rahim hingga saat ini belum diketahui tapi ketidak tetapan kadar hormon menjadi salah satu faktor resiko. Estrogen yang memiliki efek dapat membuat penebalan endometrium setiap bulan juga terkait dengan pertumbuhan polip rahim.

Wanita yang sudah berusia 40 hingga 50 tahun lebih rentang terkena penyakit polip rahim dibandingkan dengan wanita yang lebih muda, rata – rata wanita yang mengalami hal ini adalah mereka yang sudah mengalami menopause.

Baca : Cara Mengobati Polip Rahim Tanpa Efek Samping

Penyebab lain polip rahim adalah obesitas atau kelebihan berat badan, konsumsi obat tamoxifen yaitu obat untuk mereka yang mengidap kanker payudara dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Gejala Polip Rahim Pada Wanita

  • Terjadi pendarahan setelah masa menopause
  • Siklus haid atau menstruasi yang tidak teratur
  • Saat masa menstruasi mengeluarkan darah yang banyak atau berlebihan
  • Kemandulan atau infertilitas
  • Bercah flek atau pendarahan di antara siklus haid

Tanda atau gejala polip rahim adalah periode masa haid yang tidak tetap, wanita mengalami masa menstruasi rata – rata 4 – 7 hari. Siklus terjadi setiap 28 hari dan dapat bervariasai antara 21 hari sampai 35 hari. Tapi pada wanita yang mengidap polip rahim, sekitar 50% dari mereka memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

Dan gejala lain yang ditimbulkan oleh wanita yang mengalami polip rahim adalah pendarahan yang berlebihan atau menorrhagia, mestruasi yang lama, pendarahan setelah masa menopause dan pendarahan anatra siklus.

Pengobatan Polip Rahim Pada Wanita, meliputi :

Kuretase

Pengobatan secara kuretasi merupakan pengobatan yang biasanya dilakukan untuk mereka yang mempunyai polip rahim kecil dan cara pengobatannya tidak jauh berbeda dengan hiteroskopi.

Histeroskopi

Selain dipakai sebagai alat diagnostik histeroskopi juga dapat digunakan untuk melakukan pengobatan. Saat alat tersebut dimasukan ke dalam rahim maka akan menampakkan polip rahim dan langsung melakukan pengangkatan

Mengkonsumsi Obat

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui obat yang cocok untuk mengobati polip rahim. Namun jika Anda ingin menggunakan cara alternatif herbal, kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat produk herbal unggulan yang diproduksi oleh PT Bijaksana Maju Utama dan telah mendapat pengakuan dari MUI.

Baca : Obat Polip Rahim Herbal Terbukti Ampuh

QnC Jelly Gamat terbuat dari bahan utama teripang emas jenis Golden Stichopus Variegatus dan memiliki kandungan istimewa Gamapeptide yang tidak terdapat di dalam jenis teripang lainnya. Bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia mulai dari anak – anak hingga dewasa karena semua bahan – bahan yang digunakan QnC Jelly Gamat terbuat dari bahan herbal pilihan.

Untuk menghindari agar tidak terkena penyakit polip rahim, menerapkan pola hidup sehat dan rajin merawat serta membersihkan bagian organ intim adalah salah satu cara agar mencegah penyakit polip rahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *