Pantangan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim Wanita

Pantangan Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim Wanita

Menjaga sistem reproduksi atau rahim wanita agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya merupakan hal wajar yang harus dilakukan, seperti melakukan olahraga secara teratur, mengkonsumsi asupan makanan bergizi. Setiap masalah yang timbul dalam sistem reproduksi bisa menyebabkan rahim rusak, tidak seimbangnya hormon, sulit hamil dan masalah kesuburan.

junk food vs healthy
Berikut di bawah ini kami akan memberitaukan beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan dalam hal menjaga kesehatan reproduksi atau rahim:

  • Gula

Bukan hanya akan menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan tapi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula secara berlebihan dapat mempengaruhi tekanan darah dan tidak baik untuk kesehatan. Untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi sebaiknya kurangi junk food dan membiasakan hidup dengan membatasi makanan yang mengandung pemanis buatan.

  • Kafein

Mengkonsumsi kafein ternyata selain memicu terjadinya penyakit hipertensi juga menyebabkan penurunan kesuburan dan meningkatkan tingkat kecemasan yang dapat mempengaruhi proses konsepsi jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

  • Kandungan Pestisida

Untuk mencegah pestisida masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan sistem reproduksi rusak disaranakan untuk mencuci buah dan sayuran dengan bersih sebelum dikonsumsi. Kandungan pestisida dapat ditemui dalam jenis air minum tertentu yang sudah terkontaminasi.

  • Lemak Trans

Merupakan minyak atau cairan yang padat karena proses pengubahan dari asam lemak yang tidak jenuh menjadi berbahaya, lemak trans memiliki hubungan dengan endometriosis. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh maka sebaiknya mulai sekarang hindari makanan yang mengandung lemak trans salah satunya adalah menghindari junk food.

  • Karbohidrat

Asupan makanan ternyata mempengaruhi kesuburan Anda, jadi apabila Anda ingin cepat – cepat memiliki anak bisa memiliki karbohidrat kompleks dibandingkan yang lainnya. Karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada serat dan biji – bijian.

  • Alkohol

Dilihat dari sisi manapun alkohol memiliki dampak buruk bagi tubuh, menghambat kesempatan hamil sekatar 50% dari wanita normal lainnya. Juga bagi pria alkohol dapat mengganggu kesuburannya karena berperan dalam kualitas jumlah sperma.

Berikut di bawah ini kami akan memberitaukan cara mudah dan tepat untuk menjaga kesehatan alat reproduksi Anda:

  • Sering – sering mengganti pembalut terutama saat hari pertama haid atau dimana darah biasanya keluar banyak
  • Membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil dan besar dengan menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang
  • Jangan melakukan douching atau memasukan jari ke dalam vagina yang bertujuan untuk membersihkan bagian dalam karena itu akan menghilangkan bakteri loctobacilli dan memicu iritasi kulit
  • Ganti celana minimal 2 kali sehari, sebaiknya saat tidur tidak menggunakan celana dalam agar untuk menjaga kelancaran sirkulasi udara
  • Jangan menggunakan sabun atau shower gel karena akan membuat vagina kering, gatal dan iritasi kulit

Demikian artikel mengenai pantangan makananan untuk menjaga kesehatan rahim wanita, terima kasih kunjungannya dan semoga artikel di atas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *