Mitos Makan Nanas Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran

Mitos Makan Nanas Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran

Bagi wanita yang sedang menjalani kehamilan, menjaga asupan makanan dan menjalankan hidup sehat sangat mempengaruhi perkembangan si kecil di dalam janin. Termasuk mitos makan nanas saat hamil bisa menyebabkan keguguran , benarkah ?

Salah satu mitos yang beredar di masyarat adalah mengenai buah nanas yang jika dikonsumsi oleh wanita hamil bisa beresiko mengakibatkan keguguran atau pendarahan rahim, hal ini bisa menjadi hanya sebuah mitos atau justru fakta. Mitos wanita hamil dan buah nanas ini sebenarnya bukan hanya sekedar mitos karena kalau Anda mengetahui penyebab sebenarnya mengapa nanas bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Awal kehamilan bisa dikatakan waktu yang paling rentan terhadap perkembangan janin, kondisi fisik dan psikis ibu hamil yang harus dijaga serta mengkonsumsi makanan dan aktifitas harus benar – benar diperhatikan agar perkembangan bayi tidak terganggu. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran sangat penting untuk ibu hamil meskipun tidak semua jenis buah dan sayuran aman untuk ibu hamil. Salah satu buah yang hampir tidak pernah dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah nanas.

Resiko Mengkonsumsi Nanas Pada Kehamilan

Nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan C yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan. Bukan hanya itu saja, buah nanas juga mengandung magnesium, posfor, kalsium dan kalium serta enzim bromelain dan sukrosa. Enzin bromelain ini berfungsi untuk mencegah peradangan dan membantu proses melunakan makanan serta pencernaan pada lambung. Manfaat dari enzim ini juga berfungsi sebagai anti kanker yang bisa menghambat tumbuhnya sel kanker.

Mitos Makan Nanas Saat Hamil Bisa Menyebabkan KeguguranSebenarnya mengkonsumsi buah – buahan saat kehamilan sangat bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Tetapi, ada buah yang harus dibatasi atau bahkan tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh wanita yang sedang hamil yaitu buah nanas karena dianggap bisa menyebabkan keguguran. Nanas dan kehamilan memang sering dikaitkan dalam hal keguguran.

Buah nanas tidak boleh dikonsumsi pada masa kehamilan karena bisa menyebabkan terjadinya kontraksi sebelum waktunya dan hal ini akibat dari enzim bromelain yang terkandung dalam nanas dan bisa membuat rahim lemah sehingga akan terjadi kontraksi dan ini yang bisa membayakan kondisi janin serta berpotensi menyebabkan keguguran.

Mitos atau fakta mengenai buah nanas bisa menyebabkan kehamilan memang belum sepenuhnya bisa dibuktikan dan beberapa wanita hamil yang mengkonsumsi nanas dimasa kehamilan baik – baik saja. Mengkonsumsi nanas bisa dikatakan berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau secara berlebaihan serta apabila nanas masih metah dan nanas yang masih muda, kandungan enzim bromelainnya sangat tinggi. Tapi jika nanas sudah diolah maka enzim bromelainnya akan hancur.

Tapi supaya lebih aman, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai apa bahaya yang ditimbulkan jika mengkonsumsi nanas semasa kehamilan.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *