Mitos Kista Coklat Menyebabkan Menstruasi Terhambat

Kista coklat atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan Endrometriosis adalah kista yang terjadi pada bagian indung telur kecil seperti kista folikel dan biasnya jenis kista yang satu ini tidak menyebabkan adanya gejala, kecuali apabila kista sudah pecah dan terpuntir yang biasanya mengakibatkan rasa sakit perut dan kaku serta distensi. Apabila kista yang cukup besar atau kista yang jumlahnya banyak bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman di panggul, rasa sakit saat berhubungan seksual dengan suami serta pinggang terasa sakit dan bisa sampai terjadi pendarahan di bagian uterus. Lalu benarkah mengenai mitos kista coklat menyebabkan menstruasi terhambat ? Silahkan untuk melanjutkan membaca informasi dari kami.

Pada umumnya kista coklat muncul dalam permulaan kehamilan serta diameternya bisa menjadi besar sampai 5-6 cm dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman di daerah panggul. Apabila kista pecah bisanya terjadi pendarahan di bgaian sisi dalam rongga perut dan bagi wanita yang tidak sedang hamil biasanya kista ini bisa menyebabkan siklus menstruasi Anda menjadi tidak lancar atau terhambat dan diikuti dengan perpanjangan iregiler.

Mitos Kista Coklat Menyebabkan Menstruasi Terhambat

Mitos Kista Coklat Menyebabkan Menstruasi Terhambat

Infeksi Rahim -, Kista yang terjadi di bagian indung telur polistitik ini juga bisa mengakibatkan tidak terjadinya menstruasi sekunder pada penurunan siklus menstruasi Anda dan terjadi infertilitas. Biasanya pada dokter akan mendiagnosis kista pada indung telur menurut gejala dan tanda – tanda yang dialami oleh penderita. Pemeriksaan fisik juga terdapat beberapa jenis seperti pemeriksaan laboratorium yang bisa membantu mendiagnosis pada beberapa jenis kista.

Penyebab terjadinya kista coklat biasanya berasal dari peritoneum atau sel – sel pada selaput perut dan penyebab yang satu ini bisa diakibatkan oleh infeksi kandungan yang menahun seperti keputihan yang tidak segera di tangani serta mengakibatkan kuman – kuman masuk pada selaput perut melewati saluran pada indung telur. Infeksi seperti ini bisanya akan melemahkan daya tahan pada bagian selaput perut dan menyebabkan tubuh Anda akan lebih mudah diserang oleh penyakit. Gejala penyakit yang satu ini begitu khas karena berkaitan dengan siklus menstruasi.

Baca Juga :

Namun, tempat untuk bersaran sel-sel yang bisa menyebabkan kista coklat ini adlaah dibagian indung telur dan benttuk dari indung telur sudah terkena endometriosis yang bisa berkembang sampai besar saat menstruasi. Sehingga tidak heran apabila penderita kista coklat sering mengalami rasa sakit saat sedang mengalami menstruasi hal ini diakibatkan oleh adanya indung telur yang membengkak saat menstruasi.

Ketika darah keluar biasanya rasa sakit yang dirasakan akan berkurang tapi apabila sudah terjadi rasa pelekatan pada perut akan muncul rasa sakit yang laur biasa. Semua anggota tubuh mulai dari kepala sampai betik akan terasa sangat sakit. Kebanyakan kista terjadi dibagian indung telur ini sangat jarang terjadi dan jugabiasnaya akan menghilang tanpa pernah dirasakan keberadaannya. Gejala yang biasanya muncul akibat penyakit kista adalah rasa sakit dibagian perut dan ada baiknya jika Anda segera mengkonsultasikannya dengan dokter apabila mengalami gejala – gejala seperti menyerupai kista.

| Mitos Kista Coklat Menyebabkan Menstruasi Terhambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *