Menstruasi Tidak Teratur Ciri Gejala Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan penyakit mematikan yang sudah banyak menyerang wanita di dunia dan menjadi penyakit jenis kanker nomor dua yang sudah banyak mengakibatkan penderitanya meninggal. Dan benarkah menstruasi tidak teratur ciri gejala kanker rahim ?

Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur pasti membuat Anda harus membawa pembalut kemana saja ini untuk tetap waspada kala menstruasi terjadi dan mengalami darah menstruasi yangbanyak sehingga waktu menstruasi cenderung lebih lama. Lalu apakah kondisi seperti di atas ini normal ? Apa mungkin menstruasi tidak lancar menjadi gejala kanker rahim ?

Menstruasi merupakan kejadian alamiah yang terjadi pada wanita dan menstruasi yang normal akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari sehingga lama menstruasi sekitar 5-7 hari sedangkan jumlah darah tidak pernah melebihi 80 ml. Sedangkan pada wanita yang mengalami menstruasi tidak lancar akan ada perbedaan mulai dari volume darah yang keluar sampai rentang waktu siklus haid yang lebih pendek atau lebih panjang.

Baca :

Kanker rahim atau kanker serviks merupakan penyakit yang mengancam jiwa wanita dan sayanganya banyak penderita kanker rahim yang kurang mengetahui gejala kanker rahim sejak dini dan baru ditemukan setelah stadium lanjut

menstruasi-tidak-teratur-ciri-gejala-kanker-rahim

Menstruasi Tidak Teratur Ciri Gejala Kanker Rahim

Ada banyak sekali penyebab wanita mengalami menstruasi tidak lancar mulai dari merasa stress, kelelahan serta faktor lainnya yang bisa memicu hiad tidak teratur. Berikut beberapa penyebab menstruasi tidak lancar :

  • Polycystic Ovaries (PCO)

Wanita yang sedang mengalami kista rahim akan mengalami penurunan kesuburan dan salah satu gejala dari penyakit ini menstruasi yang jarangatau dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan pada kasus yang berlangsung lama penderita biasanya akan mengalami keluhan seperti pendarahan dan untuk solusinya bisa Anda baca di Obat Pendarahan Rahim.

  • Kista

Kista atau disebut juga dengan tumor jinak dan yang sering kali menyerang wanita adalah kista ovarium. Wanita yang mengalami gangguan menstruasi akan mengeluhkan siklus menstruasi yang terlambat, hal ini diakibatkan adanya kista folikel. Apabila mengalami gangguan menstruasi yang disertai nyeri setiap menstruasi kemungkinan kista membear dan untuk lebih lanjutnya bisa diperiksakan pada ahlimedis. Baca : Obat Kista Ovarium

  • Polip

Salah satu gejala dari polip adalah mengalami pendarahan yang banyak saat sedang mengalami menstruasi meskipun siklus menstruasi mereka teratur. Wanita yang sudah menikah akan mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan suami istri dan itu bisa menandakan terjadinya polip. Untuk lebih detailnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

  • Kanker Rahim

Gejala kanker rahim bisa ditandai dengan siklus menstruasi yang jarang, sedangkan pada wanita yang sudah mengalami kanker rahim stadium lanjut akan mengalami pendarahan pada saat menstruasi yang banyak. Tapi meskipun demikian, kanker rahim tidak ditandai dengan menstruasi tidak teratur melainkan harus didukung dengan berbagai test seperti pap smear. Baca : Obat Kanker Rahim

Gangguan menstruasi juga bisa disebabkan kelainan organik, keseimbangan hormon, atau juga fungsi rahim yang tidak diketahui penyebabnya. Wanita yang mengalami haid tidak lancar tidak bisa dikatakan mengalami kanker rahim. Walaupun dalam beberapa penelitian mengungkapkan wanita yang berusia 50 tahun dengan riwayat menstruasi tidak teratur bisa memicu terjadinya kanker pada wanita. Keluhan awal penderita kanker rahim biasanya ditemukan setelah usia menopause dan mengalami pendarahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *