6 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

Selamat datang di situs kami http://obatinfeksirahim.tipssehatonline.web.id/ kali ini kami akan membagikan informasi mengenai 6 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim. Uterus atau rahim merupakan salah satu bagian organ reproduksi wanita. Rahim juga memiliki peran yang sangat penting dalam sistem reproduksi wanita sebagai tempat untuk terjadinya pembuahan sel telur atau ovum yang kemudian ditanam dalam endometrium. Setelah proses pembuahan selesai ovum akan disimpan di dalam rahim dan berkembang menjadi janin yang sudah siap untuk dilahirkan.

Baca : Obat Pendarahan Rahim

Kesehatan rahim sama pentingnya dengan organ tubuh Anda yang lainnya, rahim berperan penting dalam sistem reproduksi pada wanita, terlebih kesehatan rahim akan mempengaruhi bayi atau janin yang ada dalam kandungan. Jadi demi menjaga agar rahim tidak terkena gangguan yang cukup serius dan bisa mempengaruhi kesuburan Anda, alangkah baiknya untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan rahim.

6-jenis-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-rahim

Salah satu cara menjaga kesehatan rahim adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan, minuman yang mengandung gizi seimbang. Untuk menjaga kesehatan rahim ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dan membantu meningkatkan kesuburan rahim serta tentunya menjaga rahim Anda tetap sehat. Berikut 6 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim.

  • Kacang – Kacangan atau Biji – Bijian

Kedua jenis makanan di atas ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker rahim atau fibroid disamping itu juga, kolesterol yang terdapat dalam kacang atau biji – bijian sangat bagus untuk menjaga kesehatan bayi yang ada dalam kandungan dan membantu mengurangi resiko terjadinya cacat pada bayi.

  • Buah – Buahan

Siapa yang tidak suka dengan buah – buahan ? Sebagian besar atau bahkan hampir semua orang menyukai yang namanya buah dibandingkan dengan sayuran. Buah – buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan bahkan bersifat fitokimia. Selain itu buah – buahan bersifat sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah – buahan berfungsi sebagai pencegah kanker ovarium, kanker rahim serta menjaga sel – sel dalam rahim. Maka mengkosumsi banyak buah – buahan secara rutin akan membantu menjaga kesehatan rahim.

  • Makanan Yang Berserat

Anda bisa menemukan jenis makanan yang mengandung serat dalam makanan seperti gandum, sayuran, buah – buahan yang apabila dikonsumsi mampu menjaga kesehatan rahim seorang wanita. Manfaat mengkonsumsi makanan yang mengandung serat untuk rahim adalah mampu mencegah produksi hormone estrogen secara berlebihan yang bisa mengakibatkan terjadinya tumor rahim (jinak).

  • Teh Hijau

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, teh hijau mengandung senyawa kimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rahim, berperan sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas. Wanita yang mengkonsumsi teh hijau terlebih mereka yang mengidap penyakit fibroid bisa mengurangi pertumbuhannya dan jumlah fibroid yang ada di rahim.

  • Susu

Bukan hanya mengkonsumsi susu saja, tapi juga produk yang berbahan dasar susu. Karena menjaga kesehatan rahim akan menjadi sulit apabila Anda tidak mengetahui cara menjaga kesehatan rahim yang tepat. Ada banyak produk olahan yang terbuat dari susu diantaranya yoghurt, keju, mentega dan susu. Susu mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rahim wanita.

  • Sayur -Sayuran

Tidak semua jenis sayuran yang dikonsumsi memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan rahim, beberapa jenis sayuran yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan rahim adalah sayuran yang mengandung asam folat karena sangat bagus dikonsumsi terlebih bagi wanita yang sedang hamil dan mempersiapkan kehamilan. Sayuran yang dimaksud adalah sayuran hijau yang bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan basal pada rahim dan membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem syaraf. Diantaranya, brokoli, bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya.


| 6 Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *