Infeksi Pada Jahitan Operasi Caesar

Penyebab Infeksi Pada Jahitan Operasi Caesar

Tahukah anda bahwa saat persalinan caesar, ada sekitar 7 lapisan mulai dari kulit perut sampai dinding rahim yang akan dijahit satu persatu oleh dokter ketika menutup luka bekas operasi caesar? inilah mengapa Infeksi Pada Jahitan Operasi Caesar bisa terjadi dikulit perut atau rahim.

Infeksi bisa terjadi pada bekas jahitan operasi bahkan dinding rahim, walaupun yang terakhir ini jarang terjadi. Kalau tidak ditangani dengan benar, infeksi yang biasanya terjadi pada hari ke-3 hingga ke-7 pasca persalinan bisa berakibat fatal pada kesehatan ibu.

Terjadinya infeksi pada kulit perut ini biasanya disebabkan oleh kurang sterilnya alat-alat operasi yang digunakan. Seperti yang kita tahu, kebersihan alat-alat operasi selalu menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum melakukan operasi. Jika alat-alat operasi yang digunakan kurang bersih, hal ini bisa memicu infeksi pada pasien.

Infeksi Pada Jahitan Operasi Caesar

Selain kebersihan, respon tubuh pasien terhadap benang jahit bisa juga menjadi sebab infeksi. Mengapa? karena dalam operasi caesar kita mengenal dua jenis benang jahit. Jenis pertama terbuat dari protein dan bisa diserap oleh tubuh. Jenis kedua adalah benang sintesis yang tidak bisa diserap oleh tubuh dan harus diangkat setelah beberapa hari.

Untuk jenis benang jahit pertama, atau yang terbuat dari protein, bagi beberapa pasien bisa tidak tahan dan menyebabkan alergi sehingga luka jahitan operasi caesar terinfeksi dan atau membuka kembali.

Sebab terakhir adalah saat menjahit. Kasus ini bisa terjadi jika jaringan kulit yang dijahit terlalu banyak sehingga bekas jahitan menjadi tebal dan memicu terjadinya infeksi.

Hal yang harus anda lakukan untuk mencegah infeksi menjadi semakin parah adalah mengenali gejala terjadinya infeksi seperti berikut ini :

  1. Jahitan dikulit perut terlihat merah dan meradang.
  2. Terasa sangat gatal.
  3. Keluar cairan putih kekuningan atau darah disela-sela jahitan.
  4. Terasa panas didaerah jahitan.
  5. Nyeri kalau ditekan.

Jika anda mengalami satu atau lebih gejala diatas, yang perlu diingat adalah jangan terus ditekan bahkan digaruk lukanya. Tahan sebentar dan segeralah melakukan pengobatan. Adapun pengobatan yang kami rekomendasikan adalah dengan Jelly Gamat Gold-G yang mampu mengatasi infeksi dan juga dapat menghilangkan luka operasi caesar dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Dengan 2 kegunaan, bisa dikonsumsi dan juga bisa dioles pada bagian yang luka. Informasi lengkapnya, bisa anda dapatkan disini! Obat Alami Untuk Infeksi .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *