Faktor Menopause Dini Dan Penyakit Yang Ditimbulkannya

menopause dini

Faktor Menopause Dini Dan Penyakit Yang Ditimbulkannya Menopause adalah suatu kondisi dimana wanita tidak akan mengalami proses menstruasi umumnya terjadi pada wanita usia lebih dari 40 tahun. Tapi bagi mereka yang mengalami proses menopause dini akan mengalami itu sebelum usia 40 tahun. Menoupause dini atau terkadang disebut juga dengan kegagalan ovarium dini yang akan menyebabkan masa menopause datang lebih cepat.

Menoupause dini yang terjadi di Indonesia diantaranya karena merokok, sistem pertahanan tubuh menyerang sel – sel indung telur (Autoimun), Kelainan kromosom (Bawaan), telah melakukan pengangkatan ovarium rahim. Gejala bagi penderita menopause dan menoupause dini sama yaitu tidak mengalami menstruasi dan emosi yang tidak stabil.

Faktor Menopause Dini Dan Penyakit Yang Ditimbulkannya

  • Penyakit Jantung

    Produksi kadar estrogen dalam darah mengalami penurunan dan akan menyebabkan peningkatan terhadap darah, berat badan menaik yang berpeluang memicu adanya penyakit jantung dan pembuluh darah. Ada beberapa dokter yang menyarankan menggunakan pil KB untuk mencegah terjadinya menopause dini ketika tahap perimenopause. Tapi jika sudah memasuki tahap menopause justru malah semakin mengganggu dan bisa melakukan terapi hormon estrogen jika Anda tidak mempunyai rahim dan Progesteron jika Anda masih memiliki rahim.

  • Osteoporosis

    Hormon estrogen yang diproduksi indung telur yang berfungsi untuk meregenerasi, membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Tapi pada masa menopause, biasanya hormon estrogen akan mengalami penurunan dan tulang menjadi mudah keropos (Osteoporosis), tulang menjadi lemah dan mudah patah.

Cara mengatasi atau mencegah terjadinya osteoporosis bisa dengan cara menerapakan pola hidup yang baik, bagi wanita yang senang merokok sebaiknya berhenti merokok, hindari minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan kalsium yang seimbang, melakukan olahraga secara teratur.

Faktor Penyebab Terjadinya Menopause Dini

  • Radiasi

    Tubuh yang sering terkena radiasi dari alat yang berfungsi untuk membunuh sel kanker berpeluang memicu terjadinya menopause dini. Efek samping yang didapatkan setelah waktu yang lama untuk kemoterapi ialah menopause dini.

  • Genetik

    Apabila ada anggota keluarga misalnya ibu atau kakak perempuan yang mengalami masa menopause dini juga memungkinkan bagi Anda mengalaminya.

  • RokokMerokok mungkin telah menjadi salah satu kegiatan rutin oleh beberapa wanita, perlu Anda ketahui zat yang terdapat di dalam rokok masuk ke dalam tubuh dan dapat bereaksi dengan hormon makan itu hindari rokok.
  • Berat Badan

    Seorang wanita sebisa mungkin menjaga berat badannya karena penumpukan lemak di dalam tubuh membuat hormon estrogen bersembunyi pada jaringan lemak yang banyak.

  • Penyakit Kista

    Melakukan pengobatan penyakit kista dengan cara operasi dan mengangkat kista dapat memicu terjadinya menopause dini.

  • Pengaruh Obat

    Mengkonsumsi obat – obatan kimia beberapa ada yang menimbulkan efek samping, faktor terjadinya menoupause karena obat ini apabila menggunakan obat – obatan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah Faktor Menopause Dini Dan Penyakit Yang Ditimbulkannya semoga bermanfaat bagi Anda dan terima kasih sudah berkunjung.

Related Post :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *