Cara Mendeteksi Kanker Rahim atau Kanker Serviks Sejak Dini

Obat Kanker Rahim | Faktanya baik itu pria atau wanita mereka bisa terkena virus HPV yang bisa menyebabkan terserang penyakit kanker serviks atau rahim. Peluang tersebesar ditularkannya penyakit ini karena adanya kontak kelamin dan bukan hanya hubungan seks. Infeksi ini sangat rentan menular sehingga wanita yang telah pernah mengalami hubungan seks akan memiliki resiko akibat penyakit kanker leher rahim. Maka dari itu membutuhkan cara penanganan yang benar dan tepat untuk menyembuhkan kanker rahim, juga mengetahui cara mendeteksi kanker rahim atau kanker sejak dini yang akan kami jelaskan.

Metode yang pertama untuk mencegah kanker rahim adalah dengan melakukan skrining yaitu cara untuk mengetahui ada atau tidaknya pra kanker yang bisa menjadi ciri – ciri kanker rahim sehingga membantu penanganan kanker rahim secara tepat dan dini. Metode yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker rahim.

Skrining sendiri bisa dilakukan dengan melakukan cara pemeriksaan Papsmear atau IVA yaitu Visual Inspection with Acetic Acid. Berikut penjelasan selengkapnya :

cara-mendeteksi-kanker-rahim-atau-kanker-serviks-sejak-dini

Cara Mendeteksi Kanker Rahim atau Kanker Serviks Sejak Dini

Papsmear

Pemeriksaan yang dilakukan pada bagian sel permukaan di leher rahim untuk mendeteksi kanker leher rahim dan tes ini biasanya dilakukan pada wanita yang sudah berhubungan seks.

  • Selesai haid hanya dalam waktu 3 hari
  • Tidak berada dalam kegiatan seksual minimal 3 hari
  • Tidak mengkonsumsi obat – obatan yang berhubungan dengan intravagina

Dilakukannya tes ini untuk mengetahui apakah ada perubahan pada sel leher rahim yang dalam kondiri tidak normal dan tahap pemeriksaannya dilakukan dengan cara mengambil cairan yang berada di leher rahim dengan menggunakan spatula lalu disample tes ini diperiksa dengan menggunkan mikroskop.

IVA Test

Inspeksi visual dengan asam asetat adalah suatu metode dalam cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya tanda pada kanker rahim. Caranya yaitu dengan menyemprotkan cairan asam astetat dalam konsentrasi 3% hingga 5% di daerah mulut rahim. Dan hasilnya dilihat apakah ada suatu perubahan warna menjadi putih ke derah yang telah disemprotkan tadi.

Bagi Wanita yang secara aktif sering berhubungan seksual maka akan sangat disarankan untuk melakukan metode skrining dengan menggunakan cara papsmear atau dengan IVA Test.

Tips Pencegahan Kanker Rahim

  • VaksinasiAgar terhindar dari kanker rahim ada cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan yang saat ini dikenal dalam dunia medis secara luas yaitu dengan menggunakan vaksinasi. Salah satu hal yang menjadi penyebab banyaknya kaum wanita yang terserang penyakit kanker serviks di Indonesia adalah karena kurangnya pengetahuan mengenai kanker rahim. Sehingga mereka kurang memperhatikan mengenai manfaat dilakukannya vasksinasi ini.

    Vaksinasi HPV adalah cara yang efektif dalam menghindarkan diri dari penyakit kanker rahim karena vaksin ini akan berguna untuk meningkatkan performa dari sistem kekebaha tubuh dan untuk memusnahkan adanya virus HPV yang baru saja masuk ke dalam tubuh.

  • Melakukan Hubungan Seks yang SehatCara pencegahan yang kedua adalah dengan menjaga kebiasan perilaku seksual dalam standar yang sehat, ini akan sangat baik jika Anda melalukan metode yang satu ini secara teratur dan akan menghindarkan diri dari kanker rahim.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *