Bahaya Penggunaan Pil KB Dapat Menyebabkan Rahim Kering

Infeksi Rahim | Sebenarnya dalam dunia kedokteran tidak mengenal rahim kering. Gangguan yang diakibatkan dari tidak menstruasi atau Amenore selama menggunakan KB Hormon baik suntik, susuk atau pil merupakan hal wajar. Obat KB berfungsi untuk menekan hormon reproduksi wanita diantaranya yaitu progesteron dan estrogen.

Manfaat dari menggunakan suntikan KB adalah untuk mengentalkan lendir rahim sehingga akan sulit ditembus oleh sperma di samping itu juga, KB akan membantu mencegah sel telur untu menempel di dinding rahim sehingga kehamilan bisa dicegah. Bahaya Penggunaan Pil KB Dapat Menyebabkan Rahim Kering.

bahaya-penggunaan-pil-kb-dapat-menyebabkan-rahim-kering

Meskipun suntikan hormonal dihentikan terkadang tidak akan langsung berdampak langsung atau bisa jadi haid karena akumulasi obat tadi yang tersimpan pada lemak tubuh membutuhkan waktu mengurainya. Dan meskipun telah berhenti menggunakan KB hormon, biasanya tubuh memerlukan waktu untuk menguraikan obat yang terakumulasi dan biasanya membutuhkan 6 bulan lebih.

Cara kerja efektifitas kontraspsi hormonal tidak ada bedanya pada pasangan yang sudah memiliki anak atau belum pernah memiliki anak. Perbedaannya hanya pada pasanga yang belum pernah memiliki anak, belum bisa dipastikan baik suami atau istrinya memiliki sistem reproduksi yang sheat dan bisa menghasilkan kehamilan.

Baca Juga : Rahim Kering dan Solusi Mengatasinya

Dengan cara efektifitas yang sama berarti kemampuan kontrasepsi hormonal baik suntik atau pil bisa mencegah kehamilan dan disaat penggunaannya dihentikan maka masa bekerjanya habis bisa menghasilkan kehamilan seperti halnya sebelum penggunaan. Jika Anda menggunakan kotrasepsi hormonal selama 6 bulan artinya jumlah hormon estrogen atau progesteron di dalam tubuh akan terjadi akumulasi dan bisa kembali normal seperti semula sebelum penggunaan kurun waktu beberapa bulan. Setelah kondisi itu maka tubuh akan kembali seperti belum menggunakan alat kontrasepsi.

Apabila sistem repduksi yang sehat dan melakukan hubungan suami istri secara teratur akan lebih memudahkan untuk terjadinya kehamilan. Namun bisa sebelum menikah sudah memiliki gangguan pada sistem repduksi atau ternyata kualitas dan kuantitas dari sperma suami yang kurang baik maka kehamilan akan cenderung sulit untuk terjadi dan hal ini bukan terjadi akibat alat kontrasepsi hormonal yang pernah digunakan contohnya suntik KB 1 bulan lebih baik dibandingkan dengan 3 bulan karena obat yang digunakan pada KB 3 bulan akan memiliki reaksi yang lebih kuat untuk mencegah terjadinya kehamilan dan menyebabkan tubuh membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk mengembalikan tingkat hormon ke posisi normal.

Baca Juga : Cara Alami Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil

Untuk cepat mendapatkan kehamilan baik bagi Anda yang sedang program untuk mendapatkan anak lagi atau Anda yang baru menikah dan ingin cepat mendapatkan momongan bisa dengan cara rutin melaukukan hubungan suami istri dan alangkah baiknya jika hal itu dilakukan pada saat masa subur.

Maka jika Anda mengalami menstruasi yang teratur akan lebih mudah untuk mengetahui kapan masa subur Anda dan waktu untuk melakukan hubungan seksual dibandingkan Anda yang tidak teratur siklus menstruasinya. Hati – Hati Anda juga patut untuk waspada jika terjadi pendarahan rahim di luar masa menstruasi dan segera berkonsultasi pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *